Berita

post-img

Perkembang Properti di Yogyakarta Dorong Perkembangan Ekonomi

25 April 2019 - Corporate

Yogyakarta (25/4)– Data Badan Pusat Statistik (BPS) Yogyakartamenyebutkan, pertumbuhan ekonomi di Kota Pelajar ini tumbuh senilai 6,20% ditahun 2018, meningkat dibandingkan tahun 2017 yang berada di angka 5,26%. Salahsatu sektor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi adalah dilapangan usaha konstruksi yang tumbuh sebesar 31,1%.  Seiring dengan pekembangan ekonomimasyarakat, tidak dapat dipungkiri bahwa sektor konstruksi pun ikut berkembangdi Yogyakarta. Salah satu pembangunan fisik yang menyerap banyak tenaga kerjaadalah pembangunan gedung, apartemen, dan lain-lain.

 

Dalam beberapatahun terakhir, perkembangan pembangunan apartemen di Kota Gudeg cukupsignifikan. Pengembang yang awalnya fokus di Jabodetabek, mulai membidikYogyakarta sebagai tujuan investasi. Hunian apartemen yang sebelumnya identikdengan kota besar, kini sudah mulai merambah ke kota menengah sepertiYogyakarta. Keberadaan apartemen, khususnya apartemen mahasiswa memang telahmenjadi fenomena tersendiri. Perubahan kebiasaan mahasiswa milenial, yangmembutuhkan hunian yang sesuai kebutuhan dan gaya hidup, memunculkan apartemen mahasiswayang dibangun di sekitar kampus–kampus ternama.

 

Salah satupengembang yang gencar melakukan investasi dan pengembangan apartemen kampusadalah PT Adhi Persada Properti (APP). Anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbkini, telah malang melintang dalam mengembangkan apartemen mahasiswa.

 

Pulung Prahasto,Direktur[YO1] Teknik dan Pengembangan UsahaPT Adhi Persada Properti mengatakan, “Kami melihat, kebutuhan hunianmahasiswa adalah sesuatu yang tidak lekang oleh zaman. Pendidikan tinggi akanterus berkembang, dan seiring dengan itu, mahasiswa akan membutuhkan hunian.Berkembangnya ekonomi, serta munculnya gerenasi milenial yang membutuhkansesuatu yang praktis, akan tempat tinggal di apartemen. Sebagai spesialis ‘ApartemenKampus Terbaik’, kami telah sukses mengembangkan beberapa proyek apartemenmahasiswa.”

 

APP dalambeberapa tahun terakhir menjadi perusahaan pengembang yang gencar mengembangkanapartemen mahasiswa. Beberapa apartemen mahasiswa telah dan sedangdikembangkan, antara lain Taman Melati Margonda di dekat Kampus UniversitasIndonesia di Depok, Taman Melati Jatinangor di dekat Kampus UniversitasPadjadjaran di Jatinangor,Taman[YO2]  Melati Surabaya MERR yang berdekatandengan kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), serta Taman MelatiYogyakarta @Sinduadi yang berada di dekat kampus Universitas Gajah MadaYogyakarta. Beberapa proyek yang masih dalam tahap pembangunan adalah DhikaUniverse Yogyakarta Sardjito, serta yang berada di dekat kampus UniversitasBrawijaya, Malang.

 

Pulung Prahastomenambahkan, “Yogyakarta menjadi daerahpertama bagi kami untuk mengembangkan dua proyek sekaligus. Setelah kamimengembangkan Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi[YO3] , kini kami mengembangkan Dhika Universe.Keduanya berdekatan dengan Universitas Gadjah Mada. Melihat adanya potensimahasiswa yang setiap tahun datang ke Yogyakarta, serta ekonomi masyarakatYogyakarta yang juga terus berkembang, membuat kami optimis proyek kedua kamiini akan terserap seperti proyek pertama.”

 

Hadirnyaapartemen mahasiswa di kawasan kampus, tidak hanya memberikan keuntungan bagipara mahasiswa dalam hal mendapatkan hunian yang praktis dan sesuai kebutuhan.Bagi masyarakat Yogyakarta, terlebih yang berada disekitaran apartemen, hadirnyahunian mahasiswa ini akan menjadi sumber ekonomi baru. Keberadaan penghuniapartemen yang mayoritas adalah mahasiswa, tentu membutuhkan sarana pemenuhankebutuhan sehari-hari. Keberadaanminimarket,laundry, warung makan, serta usaha-usahalain, akan tumbuh di sekitar apartemen.

 

Damar Yanda Pawitan,ProjectDirector Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi dan Dhika Universe Sardjito mengatakan,“Dhika Universe saat ini sedang dalam tahap persiapan pembangunan, danrencananya pembangunan ini akan memakan waktu 24 bulan. Sesuai denganperencanaan yang ada, apartemen ini sudah bisa diserahkan kepada penghuni padaakhir tahun 2020. Sedangkan untuk Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi, saat inisudah dalam tahap serah terima secara bertahap, dan penghuni sudah ada beberapayang melakukanfurnishing sebelum ditempati.Hingga saat ini, sebanyak 303 unit apartemen Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi sudahdiserahkan dan target kami tahun 2019 ini akan melakukan penyerahterimaansekitar 600 unit”.

 

Pulung Prahasto menambahkan, “APP sangat serius dalammengembangkan properti di Yogyakarta, dengan kontribusi yang cukup besar, yaitutotal 1.463 unit untuk dua proyek. Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi[YO4]  menyumbang sebanyak 899 unit dan telahterjual diatas 90%. Sedangkan Dhika Universe,memilikitotal 564 unit  dan sudah terjual lebihdari 35% dalam waktu kurang dari satu tahun.Sebagai anak usaha BUMN, yang mengusung semangat ‘BUMNHadir untuk Negeri’, diharapkan kehadiran apartemen yang dikembangkan akanmemberikan nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat. Tidak hanya kepadamasyarakat yang berada disekitar apartemen, namun juga bagi para investorproperti, yang nilai investasinya akan memberikan keuntungan yang lebih baikdibandingkan dengan instrumen investasi lain.


 [YO1]DirekturTeknik dan Pengembangan Usaha

 [YO2]TamanMelati Surabaya @MERR, Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi

 [YO3]TamanMelati Yogyakarta @Sinduadi

 [YO4]TamanMelati Yogyakarta @Sinduadi