Berita

post img post img post img post img post img

Suplai Apartemen Mahasiswa Di Depok Bertambah

31 January 2019 - Corporate

Depok – Dalam beberapa tahun terakhir, pergesaran budaya mahasiswa yang sebelumnya bertempat tinggal di rumah kost menjadi tinggal di apartemen telah membuat pasar hunian mahasiswa menjadi kian seksi. Keberadaan mahasiswa yang setiap tahun selalu ada bahkan bertambah, serta kebutuhan hunian mahasiswa milenial yang membutuhkan hunian yang tidak sekedar tempat tinggal, menjadikan beberapa developer membidik pasar ini.

 

Keberadaan apartemen mahasiswa yang tidak hanya dekat dari kampus, namun juga fasilitas yang telah disediakan, menjadikan apatemen sebagai pilihan bagi mahasiswa untuk tinggal selama menempuh pendidikan tinggi. Dari sisi orang tua mahasiswa, tentu akan lebih tenang apabila anak-anaknya tinggal di apartemen, karena aspek keamanan yang tentu lebih baik dibandingkan rumah kost.

 

Salah satu Apartemen Mahasiswa yang berada di kawasan Depok, adalah Apartemen Taman Melati Margonda. Hunian mahasiswa yang dikembangkan PT Adhi Persada Properti ini memiliki 3 tower. Sejak pembangunan tower pertama di tahun 2017, Apartemen Taman Melati Margonda menjadi apartemen mahasiswa pertama yang berada disisi kampus Universitas Indonesia.

 

Pulung PrahastoDirektur Teknik dan Pengembangan PT Adhi Persada Properti mengatakan, “Kami melihat bahwa tren mahasiswa untuk berpindah dari rumah kost ke apartemen setiap tahun selalu meningkat, dan potensi ini yang kami bidik. Tren mahasiswa sekarang, apalagi mahasiswa milenial tentu membutuhkan hunian yang mampu memberikan solusi kebutuhan mereka. Tidak sekedar fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mereka, tapi juga fasilitas untuk memenuhi kebutuhangaya hidup mereka.”

 

Beberapa project apartemen mahasiswa yang dikembangkan anak usaha PT Adhi Karya (Persero) ini berlokasi dekat dengan kampus-kampus terbaik yang tersebar di berbagai kota. Selain Taman Melati Margonda di Depok, APP juga memiliki project Apartemen Taman Melati Jatinangor di Sumedang, Taman Melati MERR di Surabaya, Taman Melati Sinduadi di Yogyakarta, serta yang terbaru adalah Dhika Universe Sardjito di Yogyakarta, serta Dhika Universe Malang.

 

Elvira WigatiProject Director Grand Taman Melati Margonda 2 mengatakan, “Untuk awal tahun 2019 ini, kami melakukan serah terima tahap pertama kepada konsumen. Dari total unit yang ada, kami akan serah terimakan secara bertahap kepada pembeli. Pekerjaan konstruksi apartemen ini, telah dilakukan sejak tahun 2017, dan kami targetkan Taman Melati Margonda siap untuk menerima para mahasiswa baru di tahun 2019 ini. 

 

Sesuai dengan konsepnya yaitu apartemen untuk mahasiswa, Grand Taman Melati Margonda 2 dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan mahasiswa, misalnya Student Center, Swimming pool, Fitness Center dan fasilitas lain. Apartemen yang terkoneksi dengan 2 tower sebelumnya ini, juga dilengkapi dengan fasilitas komersial lainnya, seperti mini market, laundry, bank serta fasilitas komersial lainnya.

 

Selain itu Adhi Persada Properti juga melakukan inovasi untuk mendukung kegiatan peduli lingkungan dengan memasang perangkat ACWH (Air Conditioner Water Heater) dan Water Recycling di Apartemen Grand Taman Melati Margonda 2 ini. ACWH merupakan alat yang mengandalkan panas outdoor AC untuk  dikonversikan sebagai pemanas water heater. Sedangkan Water Recycling merupakan salah satu cara penghematan air, dimana Air Flush toilet akan diolah kembali melalui serangkaian tanki dan digunakan kembali hanya untuk flush toilet.

 

Dengan selesainya pembangunan tower ke-3 Apartemen Grand Taman Melati Margonda 2, menjadikan apartemen ini sebagai kawasan hunian mahasiswa yang terbesar di sisi Universitas Indonesia (UI). Total unit yang  ada mencapai 2245 unit, terdiri dari 800 Unit di tower 1, 506 unit di tower 2, serta 939 unit di tower 3. Dengan posisi sebagai hunian yang siap huni, Tower 3 Apartemen Taman Melati Margonda akan menambah supply hunian bagi mahasiswa yang mencari tempat tinggal.

 

Selanjutnya Elvira Wigati mengatakan, “Sejak harga perdana hingga serah terima unit saat ini, telah terjadi kenaikan harga hingga mencapai 700 jutaan, untuk tipe studio. Tentu kenaikan ini cukup memberikan keuntungan investasi bagi para pembeli. Karena memang pada dasarnya, apartemen yang kami kembangkan ini adalah untuk memindahkan biaya dari orang tua mahasiswa untuk membayar kost, menjadi investasi dengan tinggal di apartemen ini”

 

Selain serah terima kepada pembeli di Grand Taman Melati Margonda II, di awal tahun 2019 ini APP melakukan serah terima unit di 2 project apartemen mahasiswa lainnya, yaitu Taman Melati Sinduadi dan Taman Melati MERR Surabaya. Untuk Taman Melati Sinduadi, total unit yang ada mencapai 899 Unit, sedangkan di Taman Melati MERR di Surabaya, total unitnya mencapai 1130.

 

Pulung Prahasto menambahkan, “Serah terima ini merupakan bukti dan komitmen kami kepada para pembeli, bahwa apa yang kami sampaikan kepada pembeli tentang pembangunan project ini telah terealisasi. Kedepan, APP akan terus mengembangkan lagi apartemen mahasiswa di beberapa kota lain yang memiliki potensi. Kami optimis kedepannya hunian mahasiswa ini akan terus berkembang, seiring dengan perkembangan pendidikan, mahasiswa yang menempuh pendidikan juga membutuhkan hunian yang baik. Tidak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa, melainkan kami turut mengedepankan aspek keamanan, sehingga orang tua akan merasa tenang anaknya tinggal di apartemen ini”.