Berita

post-img

Jelang Penerimaan Mahasiswa Baru, Apartemen Mahasiwa Jadi Incaran

15 July 2019 - Corporate

Jakarta (15/7) – Bulan Juni dan Juli setiap tahun, menjadiwaktu tersibuk khususnya di dunia pendidikan tinggi, karena pada periode iniadalah masa-masa penerimaan mahasiswa baru. Beberapa kota seperti Jakarta,Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, masih menjadi incaran calon mahasiswa dariluar daerah. Keberadaan perguruan tinggi negeri ternama serta perguruan tinggiswasta di kota-kota tersebut, menjadikan lulusan SMA dari luar daerah berebutuntuk menimba ilmu di kampus-kampus yang ada.

 

Yogyakarta misalnya, keberadaan UGM dan beberapa PerguruanTinggi Swasta (PTS), sejak beberapa dekade sudah menjadi incaran calon mahasiswa. PerguruanTinggi Negeri(PTN)dikota lain pun telah menjadi incaran paralulusan SMA. Universitas Pajajaran dan ITB di Bandung, ITS dan Unair diSurabaya, serta Universitas Indonesia di Depok, merupakan perguruan tinggi yangmenempati rangking atas yang dipilih para calon mahasiswa.

 

Kedatangan ribuan calon mahasiswa setiap tahunnya, tentu memberikanmultipliereffect yang langsung maupun tidak langsung terhadap roda perekonomiankota-kota tersebut.Salah satu efek yang paling terasaadalah melonjaknya permintaan hunian bagi mahasiswa.

 

Tren anak muda milenial serta tingkat ekonomi yang meningkat, menjadikanpara mahasiswa mengalami peningkatankelas hunian. Beberapa tahun lalu, mahasiswa lekat dengan hunian rumah kost.Namun, kini muncul fenomena baru dimana mahasiswa yang berasal dari keluargadengan ekonomi menengah keatas, lebihmemilih tinggal di apartemen.  Aspekkepraktisan, fasilitas, serta keamanan hunian, telah menjadi faktor utama bagipara mahasiswa serta orang tuanya dalam memilih tempat tinggal selama menempuhpendidikan.

 

Perubahan tren hunian mahasiswa ini telah terbaca dan terantisipasi olehpara pengembang, dengan menghadirkan Apartemen Mahasiswa yang dibangunberdekatan dengan kampus. Kawasan Depok misalnya, tepat berada disisi Universitas Indonesia, telah berdiritigagedung Apartemen Grand Taman Melati Margonda II yang dikembangkan oleh PT AdhiPersada Properti.

 

Pulung Prahasto,Direktur Teknik dan PengembanganUsaha PT Adhi Persada Properti mengatakan, “Mahasiswa adalah potensialpasar yang besar dan tidak akan habis. Hal ini dikarenakan, pendidikan akanterus berkembang, dan mahasiswa membutuhkan tempat tinggal. Kondisi inilah yangpada awalnya melatarbelakangi APP, saat pertama kali mengembangkan segmen Apartemen Mahasiswa. Dengan mengusung konsepApartemen Terbaik di Kampus Terbaik’, APP telah mengembangkan beberapa apartemen mahasiswa di beberapa kota yangada Perguruan Tinggi Negeri,

 

Anak usaha PT Adhi Karya (Persero)Tbkini selama ini memang dikenal sebagai pengembang yang menggarap segmenapartemenkampus. Beberapaproyek yang sudah siap huni antara lain Grand Taman Melati Margonda II di Depok,Taman Melati Surabaya MERR, Taman Melati Sinduadi di Yogyakarta, dan TamanMelati Jatinangor diJatinangor. Sedangkan yang sedang dalam tahappembangunan adalahApartemenDhika Universe yang juga dibangun di Kota Yogyakarta. Apartemen siap huni yang dimilikiAPP ini, saat pemerimaan mahasiswa baru juga menjadi incaran calon mahasiswa.

 

Elvira Wigati,Project Director Grand Taman MelatiMargonda IImengatakan, “Seperti tahun-tahun sebelumnya, di masa penerimaanmahasiwa baru, setiap hari banyak calon mahasiswa dan orang tuanya yang melihatapartemen kami. Rata-rata mereka adalah calonmahasiswa yang datang dari luar kota. Saat ini, daritiga tower yang ada, total unit yang tersedia mencapailebih dari 600 unit. Untuk tower I dan II sudah terisi penuh, dan untuk tower III, sampaidengan saat ini sudah terjual sekitar70%. Kami optimis, menjelang dimulainya tahun ajaran baru nanti, unit yangtersisa akan terserap,”

 

Ketertarikan calon mahasiswa untuk tinggal diapartemen yang berada disisi KampusUniversitas Indonesia ini dapat dimaklumi. Selain karena fasilitas yangdisediakan pengembang  sepertistudentcentre,perpustakaan, serta fasilitaslain yang mendukung, aspek keamanan juga menjadi prioritas. Kerjasama yang dilakukan  APP denganmenggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN), untuk memastikan bahwa hunian ini bebas narkoba, serta keamanan 24 jamyang disediakan, menjadikan orang tua mahasiswa merasa aman anaknya tinggal diapartemen ini selama menempuh pendidikan.

 

Hal yang sama juga terjadi di Surabaya, dimana APP mengembangkan ApartemenTaman Melati Surabaya MERR yang berdekatan dengan Kampus Universitas Airlanggadan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS). Apartemen yang memiliki total unit sebanyak1.130 unit ini, saat ini juga banyak diminati konsumen.

 

Ahmad Syaiful Bahri,Project Director Taman MelatiSurabaya MERR mengatakan, “Lokasi Apartemen yang dekat dengan kampus Unairdan ITS ini, menjadi salah satu keunggulan yang kami miliki. Dan menjelangtahun ajaran baru ini, terjadi peningkatan pembeli, yang tidak hanya darimahasiswa dan orang tuanya, tapi juga dari kalangan investor. Dari total unityang ada, saat ini sudah terjual75%, sebagian sudah serah terima. Dan yang sudah serah terima, beberapa jugasudah melakukan furnish. Pembeli dari kalangan investor ini juga merupakanbukti, bahwa investasi apartemen mahasiswa di Surabaya, cukup mendapatkanperhatian dari para investor Properti”

 

Setali tiga uang dengan di Surabaya, Apartemen Mahasiswa di Yogyakarta jugabanyak diminati konsumen, baik ituend user maupun para investor.Apartemen Taman Melati Sunduadi di Yogyakarta dengan totallebih dari 900 unit yang sudah melakukan serah terima tahap awal ini, sebagian unitnya sudahditempati. 

 

Kehadiran pembeli dari kalangan investor, juga terjadi di Taman MelatiJatinangor di Sumedang. Apartemen yang berdekatan dengan kampus UniversitasPajajaran ini, akhir-akhir ini banyak diminati investor, yang melihat selain prospekmenjadi apartemen mahasiswa, kawasan ini juga berpotensi menjadi tujuan wisatabagi wisatawan. Apartemen yang berhadapan dengan ikon wisataKotaSumedang yaitu“Jembatan Cincin” ini, memiliki total unit sebanyak750 unit, dan saat ini sebagian besar penghuninya adalah mahasiswa.

 

Pulung Prahasto menambahkan, “Peningkatan konsumen ini tentu merupakan bukti apartemensegmen mahasiswa yang kami kembangkan ini dapat diterima pasar. Tidak hanyadari kalanganend user, tapi juga para investor properti. Kedepan, APPakan terus mengembangkan apartemen sejenis ini. Secara korporasi,proyek apartemen mahasiswa merupakan salah satuprofit centre, disampingportfolioproyek APP yang lain.